Abstract:
Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan
metode quantum learning dalam meningkatkan kemampuan menulis
paragraf desktiptif pada siswa kelas VIII-B SMP Negeri 35 Makassar
Peningkatan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa
menunjukkan baik setelah dilakukan pada siklus II berdasarkan
permasalahan yang dialami siswa pada siklus I. Hal ini dibuktikan dari
siklus I, yaitu yang mendapatkan nilai 80 ke atas sebanyak 18 siswa atau
52,94%. Sedangkan jumlah siswa yang mencapai nilai kurang dari 80
sebanyak 16 siswa atau 47%. Sedangkan hasil analisis data pada siklus
II menunjukan bahwa jumlah siswa yang mencapai nilai 80 ke atas
sebanyak 33 siswa atau 97%, dan jumlah siswa yang mencapai nilai
kurang dari 80 sebanyak 1 orang atau 2,94%. Oleh karena itu, penelitian
ini meningkat. Di sini dapat dilihat bahwa Penerapan Metode Quantum
Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi
Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 35 Makassar sudah meningkat.