Abstract:
Penelitian Tindakan Kelas (PTK)/Classroom Action Risearch ini
bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peningkatan kemampuan
menulis puisi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Manfaat yang
diharapkan adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe
STAD (Student Teams Achivement Division) dapat meningkatkan
keterampilan menulis pada siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 23 Makassar.
Subjek penelitian ini sebnatka 39 orang pada siswa kelaa VIII.5
SMP Negeri 23 Makassar. Dalam sistem belajara kooperatif, siswa
belajar bekerja sama dengan anggota lainnya. Dalam model ini siswa
siswi memeiliki dua tanggung jawab yaitu mereka belajar untuk diri sendiri
dan membantu sesama anggota kelompok untuk belajar. Siswa belajar
bersama dalam sebuah kelompok kecil dan mereka dapat melakukan
seorang diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran
menulis puisi dapat meningkatkan sesuai dengan yang diharapkan.
Siklus I kehadiran siswa dalam pembelajaran juga diamati. Siswa
yang hadir sebanyak 35 orang, sedangkan tingkat pemahaman siswa
tentang puisi pada siklus ini belum ada siswa yang mendapatkan nilai
yang sangat baik. 15 orang mendapat nilai baik. 10 orang mendapat nilai
kurang baik, dan 10 0rang mendapat nilai yang sangat kurang. Pada
siklus II terjadi peningkatan kehadiran siswa dalam mengikuti
pembelajaran yaitu 38 orang siswa. Untuk tingkat pemahaman menulis
puisi juga terjadi peningkatan yaitu 15 orang mendapat nilai yang sangat
baik, 15 orang mendapat nilai baik, 8 orang mendapat nilai cukup baik.