PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) SISWA KELAS VIII.5 SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author PITUNG, WILHELMINA
dc.date.accessioned 2023-03-28T01:34:51Z
dc.date.available 2023-03-28T01:34:51Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4512 102 180
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5578
dc.description.abstract Penelitian Tindakan Kelas (PTK)/Classroom Action Risearch ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang peningkatan kemampuan menulis puisi terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia. Manfaat yang diharapkan adalah penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) dapat meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 23 Makassar. Subjek penelitian ini sebnatka 39 orang pada siswa kelaa VIII.5 SMP Negeri 23 Makassar. Dalam sistem belajara kooperatif, siswa belajar bekerja sama dengan anggota lainnya. Dalam model ini siswa siswi memeiliki dua tanggung jawab yaitu mereka belajar untuk diri sendiri dan membantu sesama anggota kelompok untuk belajar. Siswa belajar bersama dalam sebuah kelompok kecil dan mereka dapat melakukan seorang diri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan diterapkannya pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan sesuai dengan yang diharapkan. Siklus I kehadiran siswa dalam pembelajaran juga diamati. Siswa yang hadir sebanyak 35 orang, sedangkan tingkat pemahaman siswa tentang puisi pada siklus ini belum ada siswa yang mendapatkan nilai yang sangat baik. 15 orang mendapat nilai baik. 10 orang mendapat nilai kurang baik, dan 10 0rang mendapat nilai yang sangat kurang. Pada siklus II terjadi peningkatan kehadiran siswa dalam mengikuti pembelajaran yaitu 38 orang siswa. Untuk tingkat pemahaman menulis puisi juga terjadi peningkatan yaitu 15 orang mendapat nilai yang sangat baik, 15 orang mendapat nilai baik, 8 orang mendapat nilai cukup baik. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Pembelajaran Kooperatif en_US
dc.subject tipe STAD en_US
dc.subject metode en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) SISWA KELAS VIII.5 SMP NEGERI 23 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account