Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dan menganalisis kinerja PNS
dalam memberikan pelayanan pada Kantor Camat Tallo Kota Makassar dan untuk
mengetahui dan menganalisis Faktor-Faktor pendukung kinerja PNS dalam
memberikan pelayanan pada Kantor Camat Tallo Kota Makassar.
Penelitian ini berlokasi di Kantor Kecamatan Tallo yang dilaksanakan
selama dua bulan, dengan menggunakan metode kualitatif. Informan yang dipilih
berdasarkan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 7 orang. Sumber data yang
diambil adalah data primer dan data skunder. Ada 3 cara yang ditempuh dalam
mengumpulkan data agar diperoleh hasil yang sesuai yaitu: Wawancara
mendalam (indepth interview), Observasi/Pengamatan, dan Dokumentasi.
Hasil penelitian yang ditemukan adalah Orientasi terhadap perubahan
yang dilakukan oleh pegawai dengan mengikuti pendidikan, pelatihan dan studi
banding, memiliki kategori baik. Pegawai memiliki motivasi mengikuti kegiatan
tersebut untuk menambah wawasan pengetahuan dan mengembangkan diri, Etika
pelayanan yang ditunjukkan oleh pegawai pelayanan Kecamatan Tallo memiliki
kategori tidak baik karena masih terdapat diskriminasi terhadap masyarakat,
pegawai mendahulukan kerabat atau kenalannya dalam proses pengurusan, Sistem
insentif yang diberikan kepada pegawai memiliki kategori tidak baik karena
sistem insentif ini tidak menghasilkan peningkatan yang signifikan terhadap
prestasi kerja pegawai, dan Semangat kerjasama antar pegawai dan atasan
mempunyai kategori tidak baik, karena masing–masing lebih cenderung bekerja
individu dan tidak menunjukkan saling kerjasama sehingga terkadang
menghambat proses pelayanan.