DSpace Repository

EVALUASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS BICHRONOUS PADA SISWA SD SWASTA DI KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SUNDAH, ANASTASIA YOHANA
dc.date.accessioned 2023-03-29T07:04:20Z
dc.date.available 2023-03-29T07:04:20Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4620106018
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5665
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran daring berbasis bichronous pada SD Swasta di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan model CIPP (Context, Input, Process, and Product) untuk mengevaluasi pembelajaran daring berbasis bichronous yang telah berlangsung. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Analisis deskriptif tersebut meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memberikan beberapa rekomendasi terkait pelaksanaan pembelajaran daring, yang dapat digunakan oleh SD Pundarika dan SD Zion GKKA-UP Makassar untuk pertumbuhan di dunia pendidikan. Melalui penelitian ini diperoleh bahwa pembelajaran daring berbasis bichronous dalam konteks merdeka belajar pada masa pandemi di SD Swasta Kota Makassar adalah suatu langkah yang diambil dengan mengacu pada SE No. 36962/MPK.A/HK/2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Secara konteks, SD Pundarika dinilai memiliki kesiapan yang lebih untuk melaksanakan pembelajaran daring dibandingkan dengan SD Zion GKKA-UP Makassar karena SD Pundarika telah lebih dahulu mempelajari tentang pembelajaran digital. Ada empat kategori yang perlu disiapkan untuk pembelajaran daring berbasis bichronous, yaitu (1) sumber daya manusia; (2) sarana dan prasarana; (3) dukungan yayasan dan pemerintah; dan (4) kerja sama orang tua, kedua sekolah membangun kerja sama yang baik antara orang tua dan guru di masa pandemi. Proses pembelajaran daring berbasis bichronous dalam konteks merdeka belajar pada masa pandemi di SD Swasta Kota Makassar dapat berlangsung dengan baik karena ada kerja sama yang baik antara guru, orang tua, dan siswa. Namun, ada beberapa orang tua yang mengalami hambatan karena anak tidak memiliki fasilitas sehingga ketinggalan dalam proses pembelajaran. Kedua sekolah menggunakan Google Classroom sebagai learning management system untuk melaksanakan bichronous dengan maksimal. Kegiatan belajar mengajar dirancang dengan merdeka dan merujuk pada kompetensi dasar yang esensial. Hasil/output pembelajaran daring berbasis bichronous pada masa pandemi di SD Swasta Kota Makassar untuk kognitif dan keterampilan dinilai cukup memuaskan. Namun, guru sulit melihat output berupa sikap/budi pekerti siswa di masa pandemi. Selain itu, ditemukan suatu perbandingan terbalik antara hasil belajar siswa secara kognitif/psikomotor dengan perasaan siswa. Hasil belajar siswa menunjukkan capaian di atas KKM, namun 52% siswa menyampaikan bahwa selama pembelajaran daring perasaan mereka adalah biasa saja terhadap model ini dan mereka lebih senang untuk bertemu secara langsung. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject pembelajaran daring en_US
dc.subject bichronous online learning en_US
dc.subject model evaluasi CIPP en_US
dc.title EVALUASI PEMBELAJARAN DARING BERBASIS BICHRONOUS PADA SISWA SD SWASTA DI KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account