Abstract:
Kualitas pelayanan akademik yang ada pada suatu perguruan tinggi menjadi salah
satu hal yang dapat diukur, jika kualitas pelayanan yang ditawarkan oleh suatu
perguruan tinggi baik, maka akan memberikan kepuasan bagi mahasiswa. Universitas
Bosowa juga merupakan salah satu universitas swasta yang memperhatikan kualitas
pelayanannya. Berdasarkan pengamatan peneliti selama berkuliah di Universitas
Bosowa, peneliti merasa bahwa beberapa kualitas pelayanan akademik pada
Universitas Bosowa sudah perlu ditingkatkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
akademik terhadap kepuasan mahasiswa pada Universitas Bososwa. Penelitian ini
menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan
dengan metode cluster random sampling dengan menggunakan rumus slovin, dengan
jumlah responden sebanyak 379 responden. Teknik analisis data menggunakan
analisis deskriptif, uji asumsi, uji hipotesis dan regresi linear sederhana. Berdasarkan
hasil analisis, yang dilakukan peneliti, dihasilkan bahwa kualitas pelayanan akademik
berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa pada Universitas Bosowa