DSpace Repository

ANALISIS PEMASARAN LADA DI DESA TOKALIMBO KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR

Show simple item record

dc.contributor.author SARI, IMA DEVY
dc.date.accessioned 2023-03-31T06:10:20Z
dc.date.available 2023-03-31T06:10:20Z
dc.date.issued 2022
dc.identifier.other 45 18 033 018
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5715
dc.description.abstract Adapun tujuan melakukan penelitian ini yaitu guna mengetahui saluran dan margin pemasaran lada yang ada di desa tokalimbo. Jumlah petani yang menjadi responden pada penelitian ini sebanyak 27 petani diambil dari 15% populasi petani yang ada di desa tokalimbo, serta beberapa respobnden lainnya yaitu pedagang pengumpul, pedagang besar, pedagang pengecer, dan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di desa tokalimbo terdapat beberapa lembaga pemasaran yang membentuk 1 saluran pemasaran yaitu dari petani lada dijual ke pedagang pengumpul,kemudian pedagang pengumpul menjual ke pedagang besar, pedagang besar menjual ke pedagang pengecer, pedagang pecengcer menjual ke konsumen. Adapun margin terbesar dalam saluran pemasaran tersebut terdapat di pedagang pengumpul yaitu sebesar Rp.5.000/Kg, dan margin terkecil berada pada pedagang besar yaitu Rp. 3.000/Kg. hal ini terjadi Karena biaya yang dikeluarkan oleh pedagang besar cukup sedikit. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject analisis pemasaran lada en_US
dc.subject saluran pemasaran lada en_US
dc.subject produksi lada di desa tokalimbo tahun 2022. en_US
dc.title ANALISIS PEMASARAN LADA DI DESA TOKALIMBO KECAMATAN TOWUTI KABUPATEN LUWU TIMUR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account