dc.description.abstract |
Adapun tujuan melakukan penelitian ini
yaitu guna mengetahui saluran dan margin pemasaran lada yang ada di desa
tokalimbo. Jumlah petani yang menjadi responden pada penelitian ini sebanyak 27
petani diambil dari 15% populasi petani yang ada di desa tokalimbo, serta
beberapa respobnden lainnya yaitu pedagang pengumpul, pedagang besar,
pedagang pengecer, dan konsumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa di desa tokalimbo terdapat beberapa
lembaga pemasaran yang membentuk 1 saluran pemasaran yaitu dari petani lada
dijual ke pedagang pengumpul,kemudian pedagang pengumpul menjual ke
pedagang besar, pedagang besar menjual ke pedagang pengecer, pedagang
pecengcer menjual ke konsumen. Adapun margin terbesar dalam saluran
pemasaran tersebut terdapat di pedagang pengumpul yaitu sebesar Rp.5.000/Kg,
dan margin terkecil berada pada pedagang besar yaitu Rp. 3.000/Kg. hal ini terjadi
Karena biaya yang dikeluarkan oleh pedagang besar cukup sedikit. |
en_US |