Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain bahan ajar tematik
berbasis kearifan lokal dan mengetahui kelayakan, kemenarikan serta tingkat
keberhasilan pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik berbasis kearifan
lokal pada siswa kelas V di UPTD SDN 158 Barru. Penelitian ini menggunakan
metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model
pengembangan 4-D. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah
analisis deskriptif dan analisis uji-t. Analisis deskrisptif dilakukan dengan
mendeskripsikan semua pendapat, saran dan tanggapan validator. Analisis uji-t
menggunakan Posttest-Only Control Group Design.
Hasil penelitian menghasilkan produk bahan ajar tematik berbasis kearifan
lokal. yang dikemas dalam bentuk buku ajar tematik. Hasil validasi dari semua
ahli menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar tematik berbasis kearifan
lokal ini layak untuk digunakan. Penggunaan bahan ajar tematik berbasis kearifan
lokal melalui uji coba pada siswa kelas V di UPTD SDN 158 Barru menunjukkan
respons siswa terhadap penggunaan bahan ajar tematik dengan kategori sangat
menarik. Tingkat keberhasilan pembelajaran menggunakan bahan ajar tematik
berbasis kearifan lokal tergambar dari perolehan hasil belajar siswa kelas V
UPTD SDN 158 Barru yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan bahan
ajar tematik berbasis kearifan lokal yang dikembangkan yaitu semua siswa
mendapatkan nilai hasil belajar di atas nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Keefektifan penggunaan bahan ajar juga tergambar dari hasil uji-t yang
menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok siswa yang
menggunakan bahan ajar tematik berbasis kearifan lokal yang dikembangkan
dengan kelompok siswa yang tidak menggunakan bahan ajar tematik berbasis
kearifan lokal.