Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media animasi pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajara
siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian
Pre-Experimental One Group Pretest-Posttest, yaitu memberikan tes sebelum
adanya perlakuan, kemudian memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan
menggunakan media animasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV-a
sebanyak 29 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan statistik
deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh
penggunaan media animasi pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil belajar
siswa. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis bahwa nilai tHitumg ≥ tTabel =
19,70 ≥ 1,703 dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
pada penggunaan media animasi pembelajaran bahasa Indonesia terhadap hasil
belajar siswa kelas IV UPT SPF SDN Pampang Kota Makassar.