Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan gadget terhadap
literasi minat membaca dan menulis siswa UPT SPF SDN Maradekaya 2 kota
Makassar. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan
jenis korelasi, penelitian ini dilakukan pada Siswa UPT SPF SDN Maradekaya 2
Kota Makassar dengan metode observasi dan pembagian kuisioner berupa
pertanyaan kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan gadget secara signifikan terhadap literasi minat
membaca dan pengaruh penggunaan gadget juga secara signifikan terhadap
literasi minat menulis. Hal tersebut diperkuat dengan hasil kuisioner/angket yang
diolah dengan metode regresi linier. Melalui analisis regresi linier diperoleh nilai
sig < 0.05 (alpha) untuk pengaruh penggunaan gadget terhadap literasi minat
membaca dan menulis siswa UPT SPF SDN Maradekaya 2 Kota Makassar.