Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, menganalisis dan menginterpertasi
gambaran pelaksanaan kurikulum merdeka belajar terhadap prestasi siswa pada
SMP Negeri 1 Makassar. Aspek kesiapan tenaga pendidik dalam implementasi
kurikulum merdeka belajar berdasarkan kompetensi, inovasi kreativitas dan etos
kerja merupakan faktor pendorong prestasi siswa pada SMP Negeri 1 Makassar
lebih meningkat. Dari keempat aspek tersebut mendukung strategi dan model
pembelajaran yang efektif. Penelitian ini merupakan bersifat deskriptif dengan
menggunakan pendekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil wawancara
sejumlah informan yaitu guru SMP Negeri 1 Makassar yang
mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya implementasi kurikulum
Merdeka belajar yang optimal yang mampu meningkatkan prestasi siswa, dan
ditemukan juga adanya hambatan yaitu budaya belajar. Kunci suksesnya
pengimplementasian kurikulum merdeka belajar yaitu guru dan siswa
meningkatkan mindset ingin melakukan terobosan baru agar hasil yang dicapai
dapat maksimal. Semenjak pengimplementasian kurikulum merdeka belajar pada
dua tahun terakhir di SMP Negeri 1 Makassar guru melakukan perubahan pola
pikir demi tercapainya tujuan pendidikan secara efektif, membuat strategi dan
didukung dengan penerapan kompetensi pada guru. Terlihat prestasi siswa ada
peningkatan, kurikulum merdeka belajar ikut andil dalam peningkatan prestasi
siswa karena pada kurikulum merdeka belajar modul yang dibuat ditentukan
sesuai dengan minat dan gaya belajar siswa agar semua siswa bisa berprestasi.
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan program kurikulum merdeka
yang tidak ada pada kurikulum sebelumnya untuk menguatkan berbagai
kompetensi dalam profil pelajar pancasila. Hal inilah yang saling berkaitan dan
menjadi faktor pendukung peningkatan prestasi siswa pada implementasi
kurikulum merdeka belajar di SMP Negeri 1 Makassar