Abstract:
Penelitiian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran
Scramble Berbantuan Media Flash Card berpengaruh terhadap hasil belajar
keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 45 Talaga.
Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Ekperimental
Research dengan desain Non- Equivalent Control Group Design. Sampel
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 45 Talaga yang berjumlah 42
siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi,
dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “uji t”.
Hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t setelah dilakukan uji prasyarat
yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data hasil belajar siswa (posttest). Data
diperoleh hasil belajar pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 77,05
sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 87,36. Dari data
tersebut diperoleh bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi
dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan
nilai thitung(2,875) > ttabel(2,032) dengan Sig(2-tailed)< 0,05 yaitu 0,007. Jadi
hipotesis terbukti diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada
pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media flash card
berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV
SD Negeri 45 Talaga tahun ajaran 2022/2023.