DSpace Repository

PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV DI UPT SD NEGERI 45 TALAGA KECAMATAN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG

Show simple item record

dc.contributor.author RAHIM, NURFAEGA
dc.date.accessioned 2023-04-05T01:35:30Z
dc.date.available 2023-04-05T01:35:30Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4620106031
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5832
dc.description.abstract Penelitiian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Flash Card berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 45 Talaga. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan adalah Quasi Ekperimental Research dengan desain Non- Equivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 45 Talaga yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan dengan perhitungan statistik “uji t”. Hasil belajar siswa dianalisis dengan uji t setelah dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data hasil belajar siswa (posttest). Data diperoleh hasil belajar pada kelas kontrol diperoleh rata-rata sebesar 77,05 sedangkan pada kelas eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 87,36. Dari data tersebut diperoleh bahwa hasil belajar pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar pada kelas kontrol. Hasil uji t menunjukkan nilai thitung(2,875) > ttabel(2,032) dengan Sig(2-tailed)< 0,05 yaitu 0,007. Jadi hipotesis terbukti diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran scramble berbantuan media flash card berpengaruh terhadap hasil belajar keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SD Negeri 45 Talaga tahun ajaran 2022/2023. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Model Pembelajaran Scramble en_US
dc.subject Media Flash Card en_US
dc.subject Keterampilan Menulis Deskripsi en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV DI UPT SD NEGERI 45 TALAGA KECAMATAN ENREKANG KABUPATEN ENREKANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account