Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh gim
edukasi Lazarus dalam meningkatkan hasil belajar IPS peserta didik di UPT SPF
SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode eksperimen. Sampel
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV-A dan kelas IV-B sebanyak 53
peserta didik, di mana kelas IV-B sebagai kelas eksperimen berjumlah 27 orang
dan kelas IV-A sebagai kelas kontrol berjumlah 26 orang. Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes, wawancara, dan
dokumentasi yang dianalisis dengan analisis regresi linear sederhana dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif gim edukasi
Lazarus terhadap hasil belajar IPS dilihat dari regresi linear yang memiliki
persamaan bernilai positif. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara
hasil belajar kognitif antara kelas IV-A dan kelas IV-B, dimana hasil belajar kelas
IV-B sebagai kelas eksperimen lebih tinggi daripada hasil belajar kelas IV-A
sebagai kelas kontrol.