Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) gambaran penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA di UPT SPF SDN
Sudirman II Kota Makassar (ii) gambaran sikap tanggung jawab siswa UPT SPF
SDN Sudirman II Kota Makassar sebelum diajar dengan model pembelajaran inkuiri
terbimbing, (iii) gambaran sikap tanggung jawab siswa UPT SPF SDN Sudirman II
Kota Makassar setelah diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing, dan (iv)
pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap tanggung
jawab siswa UPT SPF SDN Sudirman II Kota Makassar. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa UPT SPF SDN Sudirman II Makassar yang terdiri dari dua
kelas homogen yaitu kelas V-A dan kelas V-B. Dari kedua kelas tersebut terpilih
secara acak kelas V-A sebagai kelas eksperimen dan kelas V-B sebagai kelas kontrol.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk true experimental
design. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan lembar
observasi dan angket, kemudian dianalisis dengan uji-t sampel berpasangan (paired
samples t-test) menggunakan program SPSS Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa (i) penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam pembelajaran IPA
terlaksana dengan sangat baik; (ii) sikap tanggung jawab siswa UPT SPF SDN
Sudirman II Kota Makassar sebelum penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing berada pada kategori sedang, (iii) sikap tanggung jawab siswa UPT SPF
SDN Sudirman II Kota Makassar setelah penerapan model pembelajaran inkuiri
terbimbing berada pada kategori tinggi, dan (iv) terdapat pengaruh penerapan model
pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap sikap tanggung jawab siswa UPT SPF SDN
Sudirman II Kota Makassar.