DSpace Repository

EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 244 LAPASA KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE

Show simple item record

dc.contributor.author SUPRIADI
dc.date.accessioned 2023-04-06T00:42:06Z
dc.date.available 2023-04-06T00:42:06Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4620106030
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/5886
dc.description.abstract Pada umumnya, siswa sekolah dasar masih mengalami kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sehingga motivasi belajarnya menjadi rendah. Salah satu penyebab rendahnya motivasi belajar siswa di pengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru yang konvensional sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu metode yang dapat memotivasi siswa agar ingin belajar yaitu dengan metode pemberian tugas atau metode resitasi. Tujuan Penelitian ini yaitu (1) Mengetahui motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan metode pemberian tugas pada pembelajaran Bahasa Indonesia (2) Mengetahui apakah dengan metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasibelajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk PreExperimental design, pendekatan yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan yaitu one Group Pretest-Posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas V SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone sedangkan teknik sampel dalam penelitian ini adalah Sampling jenuh. Sampel yaitu Siswa Kelas V Siswa Kelas V SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone yang berjumlah 35 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data hasil penelitian mengunakan analisis deskriptif dan analisis statistik untuk menguji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil penilitian ini adalah motivasi belajar siswa sebelum penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-rata 76,3. Sedangkan untuk motivasi belajar setelah penerapan metode pemberian tugas dengan nilai rata-ratanya 86. Melalui uji hipotesis diperoleh nilai Sig = 0,000 < 0,005 dengan rata-rata yaitu 0,4638 berada pada kategori sedang. Berdasarkan hasil ini dapat diketahui bahwa metode pemberian tugas efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 46,3% sedangkan sisanya sebesar 53,7% dipengaruhi faktor lain. Dapat disimpulkan bahwa (1) Terdapat pengaruh penerapan metode pemberian tugas terhadap motivasi belajar karena pengaruh tersebut sebesar 86%. Maka diduga ada sebesar 14% faktor lain yang berpengaruh terhadap motivasi belajar. Hal tersebut diduga adalah lingkungan.(2) Efektivitas Penerapan Metode Pemberian Tugas Terhadap motivasi dan prestasi belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Siswa Kelas V SDN 244 Lapasa Kecamatan Mare Kabupaten Bone dengan kategori sedang. (3) Selain penerapan metode pemberian tugas terdapat faktor lain yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yaitu dari lingkungan keluarga, peran gurus, adanya cita-cita dan lingkungan teman en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Metode pemberian tugas en_US
dc.subject Motivasi belajar en_US
dc.subject Prestasi en_US
dc.title EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 244 LAPASA KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account