dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ombusaman kota
Makassar melalui analisis tentang, 1) kesiapan Ombudsman kota Makassar
dalam menerima laporan atau pengaduan masyarakat, 2) Strategi yang
ditempuh oleh Ombudsman kota makassar dalam menindaklanjuti pengaduan
masyarakat 3) kualitas pelayanan instansi pemerintah terhadap masyarakat
setelah diadukan ke Ombudsman kota Makassar. Metode penelitian yang
digunakan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan pendekatan
yang digunakan adalah fenomenologis. Informan penelitian adalah
Komisioner Ombudsman kota makassar, asisten komisioner, staf Komisioner,
Instansi atau Satuan Kerja Perangkat daerah, (SKPD) terlapor dan masyarakat
pelapor.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa Komisioner Ombudsman
Kota makassar telah menjalankan tugasnya sebagai lembaga pengawas
pelayanan publik dengan menerima laporan masyarakat atas tindakan
pelanggaran (maladministrasi) yang dilakukan oleh instansi pemerintah
(SKPD) kemudian menindaklanjuti melalui pemberian rekomendasi kepada
instansi atau laporan kepada pemkot (Walikota Makassar) dengan tujuan
untuk memperbaiki kinerja SKPD-nya yang kurang baik. Sehingga dengan
demikian Ombudsman kota Makassar menunjukkan keefektifan dan kinerja
yang baik |
en_US |