Abstract:
Tujuan penelitian untuk mengetahui dan menganalisis disposisi dalam pelayanan publik oleh di Sekretariat Daerah Kabupaten Majene,
mengetahui dan menganalisis sosialisasi dalam pelayanan publik oleh di Sekretariat Daerah Kabupaten Majene serta Untuk mengetahui
dan menganalisis penggunaan sumber daya dalam pelayanan publik oleh di Sekretariat Daerah Kabupaten Majene. Dalam penelitian ini
digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif. Data diperoleh dari sejumlah informan yang terdiri atas: kepala Sekertariat
Kabupaten Majene, Kepala Bagian pelayanan, Pegawai dan Masyarakat Kabupaten Majene.Hasil dari penelitian ini yakni: 1. Disposisi
dimana pelaksana kebijakan maupun masyarakat sangat mendukung dengan adanya pelaksanaan kebijakan pelayanan publik yang
memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi; Sumber daya dalam pelaksanaan pelayanan publik pada Sekertariat Daerah
Kabupaten Majene telah optimal dan cukup memadai. Dimana sumber daya manusia yang cukup, penyampaian informasi yang memadai,
pembagian peran yang sesuai dengan tanggung jawab pegawai dan fasilitas yang mendukung. Sedangkan Sosialisasi dalam pelaksanaan
pelayanan publik dengan penyampaian informasi dengan baik kepada masyarakat diperlukan adanya media yang tepat, baik berupa media
cetak maupun media eletronik baik berupa koran, internet, brosur, leaflet dan sebagainya yang mana didalam mengkomunikasikan lewat
berbagai media tersebut dapat memberi informasi pada masyarakat