Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu
Pintu Provinsi Sulawesi Selatan, dan menganalisis Indeks Kepuasan Masyarakat terhadap pelayanan perizinan pada Dinas Penanaman
Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan. Penelitian ini adalah jenis kuantitatif, yang dilaksanakan pada Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan, berlangsung selama 3 bulan (April s/d Juni 2022).
Populasi adalah masyarakat yang mengurus perizinan selama tahun 2021 sebanyak 8.007 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan
rumus Slovin dan tehnik simple random sampling, dan didapatkan sampel sebanyak 99 orang. Tehnik pengumpulan data melalui
kuesioner dan dokumentasi sedangkan analisis data menggunakan tabulasi dan regresi linear. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
efektivitas pelayanan perizinan pada DPMPTSP Provinsi Sulawesi Selatan berada dalam kategori sangat efektif yang terkait dengan
optimalisasi kinerja sumberdaya aparatur lingkup DPMPTSP Provinsi Sulawesi Selatan dengan kejelasan tujuan yang ingin dicapai.
Sementara indeks kepuasan masyarakat semua berada dalam kategori baik, dengan tingkat persepsi yang tinggi adalah persyaratan dan
perilaku petugas dimana kategori baik lebih pada kepuasan yang dirasakan masyarakat dalam rentetan proses pengajuan perizinan hingga
terbitnya perizinan. Melalui uji regresi linear menunjukkan hasil positif namun tidak signifikan sehingga korelasi dari kedua variabel
tersebut tidak menunjukkan hubungan yang nyata