Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pelaksanaan pembinaan narapidana anak di
LPKA Kelas II Maros dan model pembinaannya. Anak adalah bagian dari generasi muda yang
memiliki peran strategis sebagai generasi penerus sebuah bangsa. Anak sebagai kekuatan potensial
dan menumbuhkan kehidupan berkelanjutan, maka diperlukan pembinaan secara terus menerus,
pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial serta perlindungan dari segala
kemungkinan yang akan membahayakan anak di masayang akan datang. Meningkatnya kasus
kriminal yang dilakukan oleh anak menyebabkan semakin pentingnya peran pembinaan.
Pembinaan yang dilakukan di LPKA Kelas II Maros dengan tujuan agar narapidana sadar akan
perbuatannya dan bisa kembali dilingkungan masyarakat seperti anak pada umumnya. Penelitian
ini dilatarbelakangi oleh suatu masalah yaitu, bagaimana pelaksanaan pembinaan narapidana anak
di LPKA Kelas II Maros dan bagaimana model pembinaan narapidana anak di LPKA Kelas II
Maros. Penelitian yang dilakukan di LPKA Kelas II Maros ini menggunakan jenis dan tipe
penelitian kualitatif deskriptif, metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian melalui wawancara dan observasi diketahui bahwa
pelaksanaan pembinaan narapidana anak di LPKA Kelas II Maros sudah efektif. Pembinaan efektif
karena tujuan dari pembinaan sudah tercapai hanya saja masalah belum terpisahnya narapidana
dewasa di LPKA Kelas II Maros. Dan model pembinaan di LPKA Kelas II Maros sudah dilakukan
dengan baik terbukti dengan adanya kerja sama dari pihak luar LPKA