Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) pengelolaan kearsipan di kelurahan lompo riaja 2)
sarana pendudkung kearsipan yang terdapat di keluarahan lompo riaja dan 3) pemahaman pegawai
di kantor kelurahan lompo riaja mengenai kearsipan. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi langsung. Teknik analisis data meliputi
tahap-tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, pemeriksaan data dan penarikan
kesimpulan. Dalam penelitian ini menghasilkan bahwa 1) peran penting sumber daya manusia
dalam proses pelayanan terhadap publik merupakan suatu poin penting dalam menciptkan kinerja
yang baik. Apabila Sumber Daya Manusia yang disiapkan memiliki kemampuan yang kompeten
maka pelayanan pun akan berjalan dengan baik dan masyarakat akan merasakan kepuasan 2) perlu
adanya peningkatan sarana dan prasarana pendukung serta penguasaan perangkat teknologi pada
kantor keluraha lompo riaja sehingga pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terkait asrip
dapat dilakukan secara maksimal 3) pengelolaan kearsipan harus diberikan kepada orang yang
bertanggung jawab, meiliki kemauan yang tulus dalam bekerja, meiliki keahlian khusus dalam
bidang kearsipan dan berwawasan luas. Dengan demikian terciptalah Efektivitas dalam
pengelolaan kearsipan