DSpace Repository

Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter di Era Disrupsi 4.0

Show simple item record

dc.contributor.author Muhammadiah, Mas'ud
dc.contributor.author Novelti
dc.contributor.author Jasiah
dc.contributor.author Safar, Muh.
dc.contributor.author Nuramila
dc.date.accessioned 2023-05-15T01:11:09Z
dc.date.available 2023-05-15T01:11:09Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.issn 2807-4238
dc.identifier.issn 2807-4246
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6205
dc.description.abstract Pada masa revolusi industri 4.0 seperti sekarang ini tentu sangat penting guna memprioritaskan pembentukan karakter positif pada siswa, meskipun harus dijalankan penyesuaian serta pengawasan yang maksimal. Pemanfaatan internet mempunyai dampak yang signifikan pada siswa, sehingga pengawasan yang efektif harus dipersiapkan. Salah satu solusi yang bisa dilaksanakan di bidang pendidikan, terutama pada pembelajaran bahasa Indonesia, ialah dengan mengoptimalkan pendidikan karakter yang dijalankan melalui literasi digital. Untuk mendeskripsikan serta menganalisis strategi penguatan pendidikan karakter yang dijalankan melalui literasi digital sebagai suatu usaha menuju pembelajaran yang lebih mendalam pada masa revolusi industri 4.0, perlu dijalankan kajian melalui studi pustaka dengan pendekatan filosofis. Hasil kajian ini memperlihatkan jika siswa yang bisa mengoptimalkan penggunaan literasi digital bisa memiliki karakter yang bagus, karena mereka mampu memilih salah memilih informasi yang baik dari berbagai media literasi yang ada. Sementara itu, temuan kajian ini juga memperlihatkan jika implementasi literasi digital dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk mewujudkan pendidikan karakter seluruh siswa bisa dijalankan melalui beberapa strategi, seperti memperkuat pemahaman di berbagai nilai karakter, menerapkan pendidikan karakter yang menjadi dasar dari literasi digital, memahami berbagai konsep yang ada dalam diri siswa dan menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam kelas en_US
dc.publisher INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research en_US
dc.relation.ispartofseries Vol. 3;No. 2
dc.subject Pembelajaran Bahasa Indonesia en_US
dc.subject Pendidikan Karakter en_US
dc.subject Literasi Digital en_US
dc.title Transformasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Literasi Digital Untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter di Era Disrupsi 4.0 en_US
dc.type Article en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Jurnal
    Merupakan Kumpulan Jurnal Dosen dan Peneliti Universitas Bosowa

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account