Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kualitas layanan publik di Kantor Keseluruhan Sidodadi, Kecamatan
Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, terutama dalam hal izin konstruksi bangunan (IMB) dan Mengetahui serta menggambarkan
faktor-faktor yang mempengaruhi layanan publik di Sidodadi secara Keseluruhan Kantor, Kecamatan Wonomulyo, Kabupaten Polewali
Mandar khususnya dalam hal mengatur izin bangunan (IMB). Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif yang bertujuan menggali fakta tentang kualitas pelayanan publik di Desa Sidodadi. Informan penelitian terdiri dari
kepala desa, sekretaris dan staf desa dan masyarakat, sehingga total informan dalam penelitian ini adalah 13 orang. Hasil dari penelitian
ini adalah: Kualitas pelayanan publik di Desa Sidodadi cukup baik. Hal ini konsisten dengan hasil wawancara dengan lima aspek kualitas
layanan, yaitu: Tangibility, Reability, Responsiviness, Assurance, dan Empaty (Empathy) memperoleh hasil yang memuaskan, kecuali
untuk fasilitas berupa ruang parkir sempit dan ruang tunggu adalah sedikit panas. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kinerja layanan
terdiri dari faktor kemampuan dan fasilitas infrastruktur.