Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variable brand image dan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan
melalui kepuasan pelanggan pada konsumen sim card Telkomsel di Desa Tompudau. Jenis penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang menjadi responden dalam penelitian ini adalah masyarakat desa Tompudau
sebanyak 100 orang dengan menggunakan rumus Slovin. Peneliti mengumpulkan data dengan cara menyebarkan kuesioner
kepada seluruh responden. Hasil statistik deskriptif menunjukkan bahwa mayoritas responden menyatakan persepsi setuju
terhadap seluruh pernyataan kuesioner yang dibagikan. Hasil penelitian koefisien jalur model pertama menunjukkan bahwa
brand image berpengaruh terhadap kepuasan dengan signifikansi sebesar 0,055 dan kualitas produk berpengaruh terhadap
kepuasan pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,000. Hasil penelitian pada koefisien jalur model kedua menunjukkan
bahwa brand image berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,000, kualitas produk
berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,045 dan kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap
loyalitas pelanggan dengan signifikansi sebesar 0,000. Pada pengujian Analisis jalur menunjukkan bahwa kepuasan tidak
mampu memediasi antara brand image dengan loyalitas pelanggan. Sedangkan kepuasan pelanggan mampu memediasi
antara kualitas produk dengan loyalitas pelanggan