Abstract:
Telah terjadi peningkatan terhadap kemampuan menulis siswa dalam beberapa tahun terakhir, dimulai di sekolah dasar dan
menengah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan penerapan model make and match pada keterampilan
menulis bahasa Indonesia siswa kelas. Penelitian menggunakan eksperimen, dengan one group pretest-posttest design.
Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 13 siswa kelas A dan 14 siswa kelas B.
Teknik pengumpulan data dalam melakukan penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil penelitian dan perolehan data pembanding nilai
diperoleh skor posttest terendah 36 dan skor tertinggi 93, dengan rata-rata skor pretest 68,21 dan posttest 78,85. Hasil yang
diperoleh dari uji-t diperoleh nilai t-hitung 8,034 dan t-tabel 1,782 dengan taraf signifikansi 0,05 ternyata memenuhi
kriteria t-hitung dan t-tabel. Data diperoleh dengan menggunakan rumus uji–t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai
data hitung > dari t-tabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran make a match
efektif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk peningkatan kemampuan menulis siswa