Abstract:
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pelayanan di kantor kepala desa Pancaitana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian adalah penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pelayanan di kantor Lurah Pancaitana berdasarkan 3 indikator efektivitas yaitu basis tujuan, integritas, integritas yang belum efektif karena pelayanan masih terpusat di kantor lurah dimana pemerintah kelurahan belum siap menyediakan website atau aplikasi yang bisa digunakan masyarakat untuk memberikan pelayanan dari rumah, kemudian jaringan belum ada karena kantor kepala desa belum menyediakan jaringan wifi jadi hanya menggunakan hotspot dari pegawai handphone, sehingga mengakibatkan koneksi internet menjadi lambat, keterbatasan alat teknologi seperti komputer yang sering mengalami error, dan kurangnya sosialisasi tentang pemahaman terkait prosedur, persyaratan pelayanan atau manajemen. Luaran dari penelitian ini adalah sebagai karya ilmiah referensi sehingga mudah diakses bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji efektifitaspenggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pelayanan.