Abstract:
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat sejauh mana pengaruh kompetensi yang dimiliki guru dalam
meningkatkan mutu pendidikan khususnya di SMP Negeri di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Jenis penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif, dengan metode survey dengan tujuan untuk menggambarkan pengaruh kompetensi guru
terhadap peningkatan kualitas didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan kuesioner
(angket), wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki setiap guru sangat
memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu
Timur yang dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjukkan kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian,
kompetensi sosial dan kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru-guru yang telah mendapatkan sertifikasi pendidik
berada pada kategori sangat baik. Pengaruh kompetensi guru terhadap peningkatan kualitas didik pada SMP Negeri di
Kecamatan Towuti Kabupaten Luwu Timur. Guru bersertifikasi sudah menunjukkan peningkatan kualitas pembelajaran di
kelas secara signifikan. Pemberian sertifikasi pada guru menjadikan peningkatan kinerja menjadi tujuan utama, karena
disadari atau tidak sertifikasi guru berpengaruh pada peningkatan kualitas guru yang pada akhirnya meningkatkan kualitas
Pendidikan.