Abstract:
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan konsep Digital Marketing berbasis
Smart Digital Content Marketing (SDCM) dalam strategi pemasaran. Metode
penelitian menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik
pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Hasil penelitian menyatakan
bahwa pemasaran konten perlu dilakukan pemetaan target pasar, penggagasan dan
perencanaan konten, penciptaan konten, distribusi konten, penguatan konten, dan
evaluasi pemasaran konten. Pemasaran sendiri memiliki fungsi penting dalam
menambah kegunaan produk yang ada dan mempengaruhi berbagai aspek
kehidupan, termasuk bidang ekonomi dan sosial. Ada berbagai media yang
digunakan dalam pendistribusian konten, termasuk media sosial, media
tradisional, dan media digital, dengan fokus pada media yang dimiliki sendiri
untuk diseminasi konten. Dapat disimpulkan bahwa perkembangan dunia digital
marketing sangatlah signifikan bagi pelaku bisnis atau usaha. Pelaku usaha harus
selalu mengikuti perkembangan teknologi dan terus mengupdate keterampilan
digital marketing mereka agar bisa terus bersaing dan meningkatkan omset bisnis
mereka.