dc.description.abstract |
Komunikasi aparatur desa terhadap peningkatan pelayanan publik di desa merupakan faktor penentu pencapaian kualitas pelayanan dasar
di desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis syarat komunikasi terhadap pelayanan publik di desa se-Kecamatan Tellulimpoe
dan implementasi fungsi komunikasi terhadap pelayanan publik di desa se-Kecamatan Tellulimpoe. Untuk mewujudkan kinerja
pemerintah desa yang maksimal dalam meningkatkan pelayanan public, maka penting mendapat dukungan dari sumber daya aparatur
yang memiliki kemampuan baik secara kualitas maupun kuantitas, serta adanya ketersediaan sarana dan prasarana dan fasilitas pelayanan
yang memadai. Selain itu, kondisi kantor yang belum representatif, menyebabkan kualitas pelayanan belum optimal. Faktor komunikasi
juga sangat mempengaruhi efektifitas pelayanan publik oleh aparatur desa dalam menjalankan tugasnya sehingga menyebabkan tidak
berjalannya layanan publik secara optimal. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan publik dalam pengelolaan administrasi di Desa
se-Kecamatan Tellulimpoea belum optimal. Pelayann publik yang tidak optimal di desa se-Kecamatan Tellulimpoea disebabkan oleh
tidak diterapkannya SOP (Layanan Operasional Standar) yang telah ditetapkan |
en_US |