Abstract:
Sistem Informasi akademik menjadi sebuah fasilitas penting yang dimiliki oleh setiap institusi pendidikan saat ini. Perkembangan
teknologi informasi semacam ini sangat bermanfaat dalam pengelolaan proses manajemen akademik yang dapat berdampak pada kualitas
sistem dan pelayanan yang diberikan. Universitas Hasanuddin menggunakan sistem informasi akademik yang dinamakan Neosia sejak
2009. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pelayanan akademik pada Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin melalui
analisis keandalan dan empati admin serta analisis permasalahan pengguna dari sisi mahasiswa dan dosen. Jenis penelitian yang
digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analisis masalah berdasarkan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang
digunakan yaitu observasi dan wawancara. Adapun sumber data dan informasi yaitu dari staff administrasi, dosen dan mahasiswa
Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin sebagai pengguna layanan Neosia. Pengolahan data dilakukan dengan menguraikan data melalui
dimensi E-SERVQUAL (Electronic Service Quality). Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja fungsi Neosia sebagai
sistem informasi akademik sudah baik. Selain itu, keandalan admin dalam pelayanan portal Neosia pun secara keseluruhan sudah baik
walaupun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh admin Portal Neosia baik mahasiswa, dosen maupun administrasi
akademik terkait kedisiplinan dalam penggunaan sistem secara umum