dc.contributor.author |
Sutarni, Endang Darmawati |
|
dc.contributor.author |
Hamka, Husain |
|
dc.contributor.author |
Maldun, Syamsuddin |
|
dc.date.accessioned |
2023-06-05T07:07:50Z |
|
dc.date.available |
2023-06-05T07:07:50Z |
|
dc.date.issued |
2022 |
|
dc.identifier.issn |
2302-8831 |
|
dc.identifier.uri |
http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6438 |
|
dc.description.abstract |
Tujuan penelitian yakni untuk mengetahui peningkatan kinerja pegawai pada pelayanan publik, penilaian kinerja pegawai dan manfaat
penilaian kinerja pegawai pada Polda Sulawesi Selatan. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif
analitis. Data diperoleh dari sejumlah informan yang terdiri atas: kepala Bidang SDM, Kepala Bidang Umum, Pegawai, Anggota
Kepolisian, dan Masyarakat Pengguna layanan. Hasil dari penelitian ini yakni: 1. Kinerja pelayanan pegawai di Kantor Polda Sulawesi
Selatan terbilang baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dengan tiga indikator, yakni: responsivitas pegawai atau kemampuan untuk
mengetahui dan memahaimi kebutuhan maupun keinginan masyarakat baik, responsibiltas pegawai dimana pegawai sudah bertanggung
jawab dalam melaksanakan tugas. Akuntabilitas pegawai dimana para pegawai sudah memiliki keahlian masing-masing dalam
menjalankan tugas dan fungsinya. 2. Penilaian kinerja pegawai Penilaian kinerja pegawai pada Kantor Polda Sulawesi Selatan terbilang
baik. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dengan tiga indikator, yakni: Relevansi penilaian kinerja yang ada sudah relevan sebab disusun
berdasarakan tugas dan fungsi masing-masing pegawai menjadi sebuah rencana kerja dan target kerja yang ditetapkan bersama antara
pegawai dan pejabat penilai secara langsung, Sensitivitas penilaian kinerja dikatakan dapat membedakan tingkat kinerja pegawai dengan
melihat sejauh mana realisasi target sasaran kerja di akhir tahun dan Kepraktisan sistem penilaian kinerja pegawai dengan metode SPK
dan PKP dianggap cukup mudah dilakukan. 3. Manfaat penilaian kinerja pegawai Polda Sulawesi Selatan terbilang kurang baik. Maka,
secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa optimalisasi Sistem Penilaian Kinerja di Kantor Polda Sulawesi Selatanbelum optimal
karena masih terdapat indikator penelitian yang kurang baik dari tiga indikator penelitian yang ditentukan yakni tentang manfaat penilaian
kinerja pegawai. |
en_US |
dc.publisher |
Paradigma Administrasi Negara |
en_US |
dc.relation.ispartofseries |
Vol 5;No 1 |
|
dc.subject |
Kinerja |
en_US |
dc.subject |
Penilaian |
en_US |
dc.subject |
Pelayanan |
en_US |
dc.title |
OPTIMALISASI SISTEM PENILAIAN KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL POLDA SULAWESI SELATAN |
en_US |
dc.title.alternative |
Optimization of The Performance Appraisal System of Civil Servants Police Office of South Sulawesi |
en_US |
dc.type |
Article |
en_US |