Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi
pendidikan karakter dalam pembinaan watak dan sopan santun pada siswa SDN
121 Tangsa Kabupaten Enrekang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah,
guru dan siswa SDN 121 Tangsa. Teknik pengumpulan data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.
Implementasi pendidikan karakter dilaksanakan melalui proses
pembelajaran, peraturan sekolah dan pelaksanaan ekstrakurikuler.
Kegiatan pembinaan kesiswaan di sekolah dasar sangat penting diajarkan
kepada siswa, dimana pendidikan karakter pada siswa bisa dilaksanakan atau
diterapkan melalui hasil penelitian yang menunjukkan bahwa nilai pembinaan
kesiswaan yang dikembangkan di SDN 121 Tangsa adalah keimanan dan
ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, penegakan tata krama dan tata tertib
kehidupan akademik dan sosisal sekolah, kepramukaan, nasionalisme serta
pembinaan bakat dan minat.
Nilai sikap yang ada dalam watak dan sopan santun adalah sikap pemarah,
ceria, pendiam rajin, dan pemalas serta sikap dalam sopan santun yaitu selalu
menghargai orang yang lebih tua, menegur anak yang berbicara tidak sopan dan
memberikan tindakan contoh sopan santun.