Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar siswa kelas V di UPT SPF SD
Negeri Pampang Kota Makassar. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dan desain penelitian
yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Dimana siswa diberi
tes sebelum perlakuan (pretest), kemudian memberikan tes setelah adanya
perlakuan (posttest) dengan menggunakan model pembelajaran Time Token.
sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-B sebanyak 32 orang. Penelitian
dilaksanakan selama 2 minggu. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi yang dianalisis dengan
statistik deskriptif dan inferensial. Data yang diperoleh dianalisis dan diolah juga
dengan menggunakan program SPSS v 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap peningkatan hasil
belajar tematik pada siswa kelas V-B di UPT SPF SD Negeri Pampang Kota
Makassar, yang berarti penerapan media pembelajaran Time Token sangat efektif
untuk meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas V-B di UPT SPF SD Negeri
Pampang.