Abstract:
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan sudut pandang Merdeka belajar di
era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0. Datangnya masa ini menimbulkan
manfaat dan akibat bagi terkikisnya nilai-nilai kemanusiaan. Untuk mengurangi
dampak negatif sekaligus mengoptimalkan pemanfaatannya. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep merdeka Belajar dalam era
revolusi Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan studi pustaka. Hasil
penelitian menunjukkan perlunya peningkatan posisi teknologi dalam revolusi
industri 4.0 untuk membangun tatanan kehidupan manusia yang lebih sejahtera
dan beradab sebagaimana ditunjukkan dalam Model Masyarakat 5.0. Khususnya
Masyarakat Indonesia perlu dibiasakan dengan pola pendidikan yang relevan,
sehingga siap menembus era revolusi industri 4.0 serta Masyarakat 5.0.