Abstract:
Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan
kemapuan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas IV SDN
Monginsidi Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan
kemampuan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas IV SDN
Monginsidi Kota Makassar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action
Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak
empat kali pertemuan .Lokasi dan waktu penelitian adalah kelas IV SDN
Monginsidi Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap
tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang
berjumlah 25 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.
Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan
refleksi.Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data
yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil yang di capai secara kuantitatif yaitu: (1) Pada siklus pertama
diperoleh nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa Kelas IV SDN Monginsidi
Kota Makassar yaitu 62 (2) Pada siklus kedua di peroleh nilai rata-rata
kemampuan berbicara siswa kelas
IV SDN Monginsidi Kota Makassar lebih tinggi yang mencapai 94.
Ketuntasan kempampuan berbicara siswa kelas IV SDN Monginsidi Kota
Makassa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 10 (40%) siswa
mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 24(96%) siswa
mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini
berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah
siswa yang tuntas mencapai 80%.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan hasil
belajar kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Monginsidi Kota Makassar
melalui penerapan metode Role Playing mengalami peningkatan