DSpace Repository

PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN INPRES MONGINSIDI

Show simple item record

dc.contributor.author ELEN
dc.date.accessioned 2023-07-24T02:15:05Z
dc.date.available 2023-07-24T02:15:05Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4516103067
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6570
dc.description.abstract Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimanakah meningkatkan kemapuan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas IV SDN Monginsidi Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui metode role playing pada siswa kelas IV SDN Monginsidi Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Action Reaserch) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak empat kali pertemuan .Lokasi dan waktu penelitian adalah kelas IV SDN Monginsidi Kota Makassar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 13 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang di capai secara kuantitatif yaitu: (1) Pada siklus pertama diperoleh nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa Kelas IV SDN Monginsidi Kota Makassar yaitu 62 (2) Pada siklus kedua di peroleh nilai rata-rata kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Monginsidi Kota Makassar lebih tinggi yang mencapai 94. Ketuntasan kempampuan berbicara siswa kelas IV SDN Monginsidi Kota Makassa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I, dari 10 (40%) siswa mencapai ketuntasan belajar, sedangkan pada siklus II sebanyak 24(96%) siswa mencapai ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal tercapai. Hal ini berarti ketuntasan belajar pada siklus II tercapai secara klasikal karena jumlah siswa yang tuntas mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan hasil belajar kemampuan berbicara siswa kelas IV SDN Monginsidi Kota Makassar melalui penerapan metode Role Playing mengalami peningkatan en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Kemampuan Berbicara metode role playing en_US
dc.title PENERAPAN METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN INPRES MONGINSIDI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account