Abstract:
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media
gambar terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V UPT SPF SD Negeri Pampang.
Penelitian ini dilaksanakan di UPT SPF SD Negeri Pampang. Jenis penelitian ini
adalah penelitian eksperimen dengan desai penelitian One Groups PretestPosttest Design, yaitu memberikan tes sebelum adanya perlakuan, kemudia
memberikan tes setelah adanya perlakuan dengan menggunakan media gambar.
Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 32 orang. Teknik
pengambilan sampel yaitu purposive sampling, yaitu teknik penetuan sampel
dengan pertimbangan tertentu. Proses analisis data menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar berpengaruh secara signifikan
terhdapa hasil belajar IPS siswa kelas UPT SPF SD Negeri Pampang. Hal ini
dapat dilihat berdasarkan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Media Gambar
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V UPT SPF SD
Negeri Pampang