Abstract:
Penelitian ini bertujuan mengetahui upaya untuk mendeskripsikan Pengaruh
Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada
Siswa Kelas IV Di UPT SPF SD Negeri Pampang Kota Makassar. Penelitian ini
dilaksanaan di UPT SPF SD Negeri Pampang tahun ajaran 2022. Metode
penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental design dalam bentuk onegrub pretest-posttest. Dimana sampel terdiri dari satu kelas yang berjumlah 32
siswa. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pretest dan posttest dimana tes
dilakukan berupa soal pilihan ganda. Adapun proses analisis data yang
menggunakan rumus uji-t.
Hasil penelitian ini untuk uji-t diperoleh t hitung t tabel atau 21,168 1,679
maka H0 ditolak dan H1 diterima dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan media video animasi terhadap hasil belajar siswa
pada pembelajaran matematika kelas IV UPT SPF SD Negeri Pampang Kota
Makassar