Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan media pembelajaran berbasis
youtube terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V Di UPT SPF SD Inpres
Pannampu II Kelurahan Pannampu Kecamatan Tallo sebelum dan sesudah
menggunakan media pembelajaran berbasis youtube. Jenis Penelitian ini adalah
quasi-experimental design dengan rancangan penelitian adalah Nanoquivalent
Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V-A dan
siswa kelas V-B dengan jumlah keseluruhan siswa dijadikan sampel sebanyak 42
orang siswa yang terdiri dari 16 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Tekhnik
analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, statistic inferensial, dan uji
manoval (Uji t-test). Hasil penelitian berpengaruh media pembelajaran berbasis
youtube lebih baik digunakan dibandingkan tanpa menggunakan media
pembelajaran berbasis youtube. Sedangkan hasil analisis inferensial menunjukkan
bahwa media pembelajaran berbasis youtube berpengaruh lebih signifikan
dibandingan tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis youtube terhadap
minat dan hasil belajar siswa kelas V UPT SPF SD Inpres Pannampu III Kelurahan
Pannampu, Kecamtan Tallo. Berdasarkan hasil analisis pengujian multivariate ttest dalam uji manova diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahawa terdapat pengaruh media
pembelajaran berbasis youtube terhadap minat dan hasil belajar siswa kelas V di
UPT SPF SD Inpres Panammpu III Kelurahan Pannampu, Kecamatan Tallo