Abstract:
Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu media konkret
terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal
II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen dengan desain
penelitian posttest-only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa
kelas V-A sebagai kelas kontrol dan Kelas V-B senagai kelas eksperimen. Teknik
analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pegujian Prasyarat
Analisis, Uji Analisis Deskriptif dan Uji Hipotesis. Data yang diperoleh
menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
model pembelajaran Mind Mapping berbantu media konkret menunjukkan
peningkatan dalam hasil belajar IPA pada siswa, karena pada proses pembelajaran
siswa lebih semangat dengan model pembelajaran yang berbeda dari biasanya.
Berdasarkan penelitian uji hipotesis menggunakan uji -t (Independent sampel t
test) didapatkan nilai untuk –thitung > ttabel yaitu -2,560 < 2,000 maka dapat
dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu media
konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di UPT SP SD Inp Galangan
Kapal II Kota Makassar.