PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTU MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI UPT SPF SD INPRES GALANGAN KAPAL II KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author ANGRIANI, MERSY
dc.date.accessioned 2023-07-24T08:39:51Z
dc.date.available 2023-07-24T08:39:51Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4518103060
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6605
dc.description.abstract Penelitian ini adalah penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di UPT SPF SD Inpres Galangan Kapal II Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimen dengan desain penelitian posttest-only Control Group Design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-A sebagai kelas kontrol dan Kelas V-B senagai kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pegujian Prasyarat Analisis, Uji Analisis Deskriptif dan Uji Hipotesis. Data yang diperoleh menggunakan SPSS versi 25 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Mind Mapping berbantu media konkret menunjukkan peningkatan dalam hasil belajar IPA pada siswa, karena pada proses pembelajaran siswa lebih semangat dengan model pembelajaran yang berbeda dari biasanya. Berdasarkan penelitian uji hipotesis menggunakan uji -t (Independent sampel t test) didapatkan nilai untuk –thitung > ttabel yaitu -2,560 < 2,000 maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Mind Mapping berbantu media konkret terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di UPT SP SD Inp Galangan Kapal II Kota Makassar. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTU MEDIA KONKRET TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V DI UPT SPF SD INPRES GALANGAN KAPAL II KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account