Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis karakteristik sistem jaringan,
pergerakan dan sistem aktivitas transportasi pada ruas Jalan AP. Pettarani setelah
beroperasinya jalan Tol Layang AP. Pettarani dan menganalisis dampak perubahan
fungsi ruang kegiatan ekonomi masyarakat di koridor jalan AP. Pettarani dengan
berfungsinya jalan Tol Layang AP. Pettarani.
Penelitian ini dilaksanakan di wilayah administrasi kota Makassar dengan
menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif
kuantitatif. Lokasi penelitian pada ruas jalan Andi Pangeran Pettarani dan kawasan
sepanjang koridor AP. Pettarani yang merupakan daerah terdampak akibat
keberadaan jalan Tol Layang AP.Pettarani. Data penelitian yang digunakan adalah
data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan analisis
kuantitatif terkait penilaian kinerja ruas jalan AP. Pettarani (volume lalulintas,
kapasitas jalan, derajat kejenuhan) dan analisis kuantitatif melalui pengujian
hipotesis dengan perhitungan statistic dengan bantuan software SPSS Statistic 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan AP. Pettarani
berada pada level pelayanan F (Arus yang terhambat, kecepatan rendah, volume
diatas kapasitas, sering terjadi kemacetan pada waktu yang cukup lama.), meskipun
secara deskriptif terdapat perbedaan rata-rata pendapatan masyarakat sebelum dan
setelah beroperasinya jalan tol layang AP.Pettarani, namun secara statistic tidak
terdapat perbedaan rata-rata pendapatan masyarakat yang signifikan sebelum dan
setelah beroperasinya jalan tol layang AP.Pettarani. Output hasil uji deskriptif
diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < taraf signifikasi 0.05 sehingga dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata
pendapatan masyarakat sebelum dan setelah keberadaan jalan tol layang
AP.Pettarani.