DSpace Repository

KARAKTERISTIK PELAYANAN JALAN AP. PETTARANI DAN DAMPAK PERUBAHAN RUANG AKTIVITAS EKONOMI MASYARAKAT SETELAH BERFUNGSINYA JALAN TOL LAYANG AP. PETTARANI KOTA MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author RIKAWATI
dc.date.accessioned 2023-07-25T01:42:44Z
dc.date.available 2023-07-25T01:42:44Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.other 4620102018
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6622
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis karakteristik sistem jaringan, pergerakan dan sistem aktivitas transportasi pada ruas Jalan AP. Pettarani setelah beroperasinya jalan Tol Layang AP. Pettarani dan menganalisis dampak perubahan fungsi ruang kegiatan ekonomi masyarakat di koridor jalan AP. Pettarani dengan berfungsinya jalan Tol Layang AP. Pettarani. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah administrasi kota Makassar dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian pada ruas jalan Andi Pangeran Pettarani dan kawasan sepanjang koridor AP. Pettarani yang merupakan daerah terdampak akibat keberadaan jalan Tol Layang AP.Pettarani. Data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif terkait penilaian kinerja ruas jalan AP. Pettarani (volume lalulintas, kapasitas jalan, derajat kejenuhan) dan analisis kuantitatif melalui pengujian hipotesis dengan perhitungan statistic dengan bantuan software SPSS Statistic 26. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja ruas jalan AP. Pettarani berada pada level pelayanan F (Arus yang terhambat, kecepatan rendah, volume diatas kapasitas, sering terjadi kemacetan pada waktu yang cukup lama.), meskipun secara deskriptif terdapat perbedaan rata-rata pendapatan masyarakat sebelum dan setelah beroperasinya jalan tol layang AP.Pettarani, namun secara statistic tidak terdapat perbedaan rata-rata pendapatan masyarakat yang signifikan sebelum dan setelah beroperasinya jalan tol layang AP.Pettarani. Output hasil uji deskriptif diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < taraf signifikasi 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak, artinya tidak terdapat perbedaan rata-rata pendapatan masyarakat sebelum dan setelah keberadaan jalan tol layang AP.Pettarani. en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.subject Jalan tol layang AP.Pettarani en_US
dc.subject Kinerja ruas jalan en_US
dc.subject Tingkat Pelayanan en_US
dc.subject Dampak ekonomi en_US
dc.title KARAKTERISTIK PELAYANAN JALAN AP. PETTARANI DAN DAMPAK PERUBAHAN RUANG AKTIVITAS EKONOMI MASYARAKAT SETELAH BERFUNGSINYA JALAN TOL LAYANG AP. PETTARANI KOTA MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account