Abstract:
Peneltian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memberikan gambaran
tentang Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi
terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Manfaat yang diharapkan
adalah apakah penggunaan Model Clustering dapat meningkatkan
kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas IX-8 SMP Negeri
23 Makassar.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan penelitian untuk
meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas IX-8 SMP Negeri 23 Makassar tahun akademik
2016/2017 yang terdiri dari 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2
siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi,
dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian
ini adalah tes. Data yang terkumpul dianalisi dengan menggunakan rumus
skor yang dicapai dibagi total bobot skor x 100.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siklus I dari 37 subjek
penelitian, 21 siswa (56,7%) yang mampu mendapatkan nilai 82 ke atas
dan 16 siswa (43,2%) yang mendapatkan nilai di bawah 82. Sedangkan
hasil PTK pada siklus II menunjukan kemajuan, yaitu dari 37 siswa jumlah
keseluruhan subjek penelitian, 32 siswa (86,4%) yang mampu
mendapatkan 82 ke atas dan 5 siswa (13,5%) yang mendapat nilai di
bawah 82. Jadi, berdasarkan interval ketuntasan yaitu 85% dari jumlah
siswa yang memperoleh nilai 82 ke atas maka penelitian ini dinyatakan
meningka