PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CLUSTERING PADA SISWA KELAS IX-8 SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Show simple item record

dc.contributor.author SALMA, VITRIA CHRISTIANTI
dc.date.accessioned 2023-08-03T07:29:10Z
dc.date.available 2023-08-03T07:29:10Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other 4512102182
dc.identifier.uri http://localhost:8080/xmlui/handle/123456789/6669
dc.description.abstract Peneltian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Peningkatan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia. Manfaat yang diharapkan adalah apakah penggunaan Model Clustering dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas IX-8 SMP Negeri 23 Makassar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini merupakan penelitian untuk meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Indonesia. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX-8 SMP Negeri 23 Makassar tahun akademik 2016/2017 yang terdiri dari 37 siswa. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus. Setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah tes. Data yang terkumpul dianalisi dengan menggunakan rumus skor yang dicapai dibagi total bobot skor x 100. Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada siklus I dari 37 subjek penelitian, 21 siswa (56,7%) yang mampu mendapatkan nilai 82 ke atas dan 16 siswa (43,2%) yang mendapatkan nilai di bawah 82. Sedangkan hasil PTK pada siklus II menunjukan kemajuan, yaitu dari 37 siswa jumlah keseluruhan subjek penelitian, 32 siswa (86,4%) yang mampu mendapatkan 82 ke atas dan 5 siswa (13,5%) yang mendapat nilai di bawah 82. Jadi, berdasarkan interval ketuntasan yaitu 85% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai 82 ke atas maka penelitian ini dinyatakan meningka en_US
dc.publisher UNIVERSITAS BOSOWA en_US
dc.title PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF ARGUMENTASI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CLUSTERING PADA SISWA KELAS IX-8 SMP NEGERI 23 MAKASSAR en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account