Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mana yang lebih
mempengaruhi atau lebih efektif diantara media audio dan audio visual
terhadap kemampuan mendengarkan komprehensif mahasiswa Fakultas
Sastra Universitas Bosowa sebagai respondennya, selain itu juga
bertujuan untuk mengetahui pengaruh aspek visual dalam media audio
visual terhadap konsentrasi responden.
Data diperoleh dari hasil tes dengan media audio dan audio visual
beserta kuesioner sebagai penerapan metode kualitatif. Peneliti
memberikan tes dengan dua media tersebut untuk mendapatkan data
objektif pertama, kemudian peneliti memberikan kuesioner pada
responden untuk mendapatkan data objektif kedua.
Penelitian tersebut menunjukan bahwa hasil dari tes dengan media
audio visual lebih signifikan dibandingkan hanya dengan audio. Rata-rata
untuk audio ialah 5,2 sedangkan untuk audio visual ialah 6,1. Ini
menunjukkan bahwa audio visual lebih mempengaruhi atau efektif untuk
kemampuan mendengarkan komprehensif responden. Kuesioner sendiri
menunjukkan hasil bahwa aspek visual dalam audio visual tidak
mengganggu konsentrasi responden.