Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan
berbicara dengan menerapkan metode Problem Solving pada siswa kelas
VIII-1 SMP Negeri 8 Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) yang diawali dengan perencanaan, observasi, pelaksanaan
dan refleksi. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus.
Hasil pengelolaan data membuktikan bahwa terjadi peningkatan
keterampilan berbicara dengan menerapkan metode Problem Solving
pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 8 Makassar. Hal tersebut terbukti dari
hasil penelitian siklus I dan siklus II. Nilai yang diperoleh siswa pada
siklus I 75,38% (kurang) dan persentase pada siklus I 51,28% (belum
maksimal). Siswa yang mendapat nilai 80 keatas atau mencapai KKM 20
orang dengan persentase 51,28%, 19 orang mendapat nilai dibawah 80
dengan persentase 48,71%. siklus II menunjukkan peningkatan dengan
rata-rata 89,74% (baik) dan persentase pada siklus II 87,17% (maksimal)
atau mencapai KKM. 34 orang mendapat nilai diatas 80 dan 5 orang
masih dibawah KKM.