Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kemampuan
siswa dalam kemampuan siswa tanpa menggunakan metode diskusi
(2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam kemampuan berbicara
dengan menggunakan metode diskusi.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan
pada pretes (tes awal) dan postes (tes akhir). Adapun sampel dalam
penelitian ini adalah siswa kelas VII-4. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah teknik tes lisan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)
pembelajaran tanpa menggunakan metode diskusi belum mencapai
ketuntasan klasikal, (2) pembelajaran dengan menggunakan metode
diskusi telah mencapai ketuntasan klasikal, sehingga kemampuan
berbicara tanpa menggunakan metode diskusi dan kemampuan berbicara
dengan menggunakan metode diskusi siswa kelas VII SMP Negeri 25
Makassar terdapat perbedaan kemampuan berbicara siswa yang cukup
signifikan.
Berdasarkan hasil analisis tersebut maka dapat diketahui adanya
pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan berbicara siswa karena
nilai t hitung ≥ t tabel (taraf signifikan derajat kebebasan 68%). Hasilnya
H1 diterima dan H0 di tolak karena 4,352 ≥ 1,668 maka dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh metode diskusi terhadap kemampuan berbicara
siswa