Abstract:
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Kemampuan Menulis
Karangan Deskripsi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP)
Negeri 34 Makassar. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa
kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Makassar yang
berjumlah 250 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah 10% atau 25
orang dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan tes esai.
Data yang terkumpul dianalisis sesuai data yang telah diperoleh dari
kelas yang diteliti dalam penelitian ini, selanjutnya dianalisis secara
deskripsi. Teknik analisis data terhadap Kemampuan Menulis Karangan
Deskripsi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 34
Makassar dengan menentukan skor keseluruhan aspek nilai rata-rata
yang dicapai siswa. Hasil perbandingannya akan ditentukan dengan
standar mutlak yang telah ditetapkan. Penekanan utama dalam metode
penelitian ini adalah dengan cara menulis karangan deskripsi yang benar.
Data dikumpulkan dengan melakukan analisis hasil menulis karangan
deskripsi siswa setiap akhir pelajaran. Hasil menulis karangan deskripsi
siswa tersebut dianalisis untuk menentukan tingkat kemampuan siswa
terhadap teknik menulis karangan deskripsi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas VII Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Makassar kurang mampu menulis
karangan deskripsi. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa menurut
hasil tes kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas VII Sekolah
Menengah Pertama (SMP) Negeri 34 Makassar rata-rata siswa mencapai
nilai 60 di bawah penguasaan dalam menulis karangan deskripsi. Dari 25
orang siswa atau 10% yang diberikan tes esai kemampuan menulis
karangan deskripsi, 7 orang yang memperoleh nilai di atas skor penilaian
dan siswa yang memperoleh skor nilai di bawah penilaian berjumlah 18
orang.