Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat ketertarikan
siswa terhadap Communicative Language Teaching (CLT) melalui Role
Playing Method dalam mempelajari bahasa Inggris khususnya
kemampuan berbicara (speaking skill).
Penelitian ini menggunakan metode studi deskripsi (Descriptive
Study). Populasi dan Sampel diam bil dari kelas VIII semester 2 SMPN 9
Satap Baringin Enrekang angkatan 2014/2015 dan sampelnya adalah 20
siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket
(questionnaire sebagai sumber perbandingan data dimana Role Playing
Method diterapkan dalam pengajaran bahasa Inggris sebelum
memberikan angket (questionnaire).
Hasil penelitian dan pembahasan yang didapatkan penulis di
SMPN 9 Satap Baringin Enrekang adalah75% siswa memperoleh nilai
sangat tertarik (very high interest) dan 25% siswa memperoleh nilai
tertarik (high interest). Sementara nilai rataan (mean score) dari
keseluruhan siswa yaitu 86.6. Ini mengindikasikan bahwasiswa sangat
tertarik belajar bahasa Inggris dengan menggunakan Role Playing
Method